Monday, November 14, 2016

Ramen Halal Korea Rasa Kimchi dan Yukgaejang

Demam drama Korea ceritanya.  Sepertinya bukan hanya saya penggemar drama korea.  Daya tarik dari pemain-pemainnya yang meiliki akting bagus serta tampang nya yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng bikin para penggemar drakor betah berlama-lama di depan screen tv, laptop atau device lainnya. Bukan hanya itu, jalan ceritanya juga tidak membosankan dan tidak mudah ditebak untuk endingnya.  Menurut saya dengan adanya drama-drama korea telah membantu mengangkat bidang pariwisata dan budaya Korea ke penjuru dunia.  Melalui drama korea orang jadi tahu adat kebiasaan korea, seperti jenis maknan dan jenis pakaian tradisionalnya.  Bukan itu saja kita sebagai orang Indonesia pun jadi tahu sejarah tentang korea, karena banyaknya drama bertema sejarah.  

Untuk jenis makanan, sering sekali para pemain memainkan adegan makan dari jenis makanan korea tertentu, katakanlah di film Uncontrollably Fond yang diperankan Bae Suzy dan Kim Woo-Bin, Ibunya Shin Joon-Young mempunyai restaurant Yukgaejang.  Kita juga sering melihat adegan mereka memasak Ramen atau mIe instant yang kemudian mereka makan di dalam panci tempat masaknya.  Sepertinya cara mereka makan sedap sekali, jadi ingin mencoba makanan-makanan tersebut.

Waktu belanja bulanan di Giant di tempat jual mi instant, saya melihat ada ramen korea, tadinya kurang tertarik karena selalunya tidak ada cap halalnya.  Tapi yang satu ini ada cap halalnya, bahkan capnya ditempel besar sehingga terlihat jelas.  Wah seneng banget.  Mie nya diproduksi oleh Samyang Food CO.Ltd, Seoul Korea, berarti asli buatan Korea, jadi mungkin rasanya juga gak jauh dari rasa masakan aslinya fikir saya.  Di situ ada dua rasa yaitu, rasa kimchi dengan rasa yukgaejang. Saya ambil ke-2 rasa tersebut, karena saya juga penasaran dengan rasanya.

Baiklah saya akan menceritakan detail tentang ke-2 ramen tersebut.

1. Ramen Rasa Kimchi

Ramen Halal Korea Rasa Kimchi
Ramen Halal Korea Rasa Kimchi
Bagi penggemar masakan Korea, tentu tidak asing lagi dengan salah satu makan kimchi ini, karena kimchi adalah makanan khas Korea yang sangat terkenal.  Kebanyakan orang korea akan melengkapi makanan harianya dengan kimchi.  Kimchi merupakan salah satu jenis sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas.  Setelah diberi garam dan dicuci, kemudian sayuran dicampur dengan bumbu dari udang, krill,kecap ikan,bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.  Karena hasil fermentasi, kimchi memiliki aroma yang khas. Untuk Mie ramen kimchi buatan Samyang ini memiliki bahan-bahan seperti: Tepung, minyak kelapa sawit, modified starch, dll. Memiliki berat bersih 120gram dan memiliki sertifikat halal dari Korea Muslim Federation Halal Committee.

Cara memasaknya, sama seperti mi instant yang biasa, didihkan air lalu masukan mie ke dalamnya.  Tunggu selama 4-5 menit.  Ukuran mie nya lebih besar dari mie yang biasa di jual di Indonesia.  Setelah masak mie nya terasa lebih kenyal.  Untuk lebih nikmat, mie bisa dicampur dengan sayur-sayuran segar, telur dan taburan daun bawang.  Saya sendiri, karena rasa kimchi, maka saya tambahkan kimchi sehingga rasanya kimchi banget.  Kebetulan ada stock kimchi di lemari es.  Wah rasanya seger banget apalagi kalo dimakan di saat hujan turun.  Rasanya yang sedikit pedas  dan rasa masam menjadikan rasa mie instant ini gak bikin eneg.  Untuk penyuka rasa pedas, mie instant ini layak untuk di coba


mie instan ramen korea halal dengan bumbu penyedap rasa kimchi
Ramen halal korea rasa kimchi, mie dan bumbu

penyajian mie instan ramen halal korea dengan kimchi dan telur
Penyajian Ramen dilengkapi kimchi dan telur

2.  Ramen Rasa Yukgaejang

Mie instant ramen halal korea rasa Yukgaejang
Ramen halal korea rasa Yukgaejang
Sebelum membahas mie instant nya, apa sih yukgaejang itu?  Yukgaejang merupakan salah satu makanan khas Korea yang berupa sup daging sapi pedas yang dimasak dalam rebusan kaldu dan kecap.  Bahan utama yukgaejang adalah daging sapi yang direbus di dalam kaldu tulang dan dicampur dengan gosari (jenis tanaman paku), kecambah, daun bawang, cabai bubuk, bawang putih, minyak wijen, telur, garam, lada hitam, serta kecap asin.  Kalau melihat bahan-bahan yukgaejang sudah terbayang yah bagaimana rasa yukgaejang, pedas, manis, asin dan gurih.  
Yah memang benar adanya mie ramen yukgaejang juga rasanya pedas, asin, manis dan gurih.  Rasa pedasnya melebihi mie instant rasa kimchi.  Jika ditambah sayuran segar, daun bawang dan telur, hmmm rasanya memang enak.  Saya sendiri emnambahkan sayur sawi putih, telur dan daun bawang ke dalamnya.


Mie instan ramen korea halal rasa yukgaejang
Bumbu mie instant rasa yukgaejang

penyajian Mie instan ramen korea halal rasa yukgaejang
Penyajian mie instant ramen korea halal rasa yukgaejag 

Demikianlah review saya tentang pertama kalinya menyantap mie instant ramen Korea halal rasa Kimchi dan Yukgaejang.



No comments:

Post a Comment