Wednesday, November 30, 2016

Kamera Gopro Sports XDV 4K, Kamera Murah dengan Hasil Menawan, Saatnya Mengabadikan Moment Aksi Spektakulermu

Di zaman yang lagi ngetren pakai medsos, kebanyakan orang mulai mengeksiskan dirinya lewat media tersebut.  Apa lagi pencipta aplikasi jenis ini sudah semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan aplikasi buatannya.  Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik serta kemudahan-kemudahan bagi para penggunanya.  Katakanlah seperti instagram, facebook, dan path, memiliki salah satu kegunaan untuk meng upload foto atau video untuk dibagikan ke semua orang lewat jejaring internet.  Dengan kemudahan seperti boleh upload langsung dari handphone, orang akan lebih banyak mengupload gambar atau video ke dalam aplikasi tersebut.  Apa lagi telepon genggam saat ini sudah disertai kamera beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar atau video yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus.

Istilah selfie atau mengambil gambar diri sendiri untuk dibagikan di sosial media sudah menjadi semakin trend sekarang ini, sehingga untuk memuaskan kebutuhan tersebut ada alat yang namanya tongsin. Tongsin ini gunanya untuk menopang kamera sehingga bisa menjauhkan jarak antara kamera dengan orang yang hendak mengambil gambar, sehingga dalam pengambilan diri sendiri bisa menangkap gambar lebih luas dari pada tanpa tongsin yang hanya bisa menangkap muka saja karena kamera terlalu dekat dengan si pengambil gambar.  Apa lagi untuk yang suka melakukan aksi-aksi seru, mereka ingin mengabadikan moment-moment fantastis dirinya saat melakukan adegan action seperti di film-film action. Sangat sulit jika menggunkan kamera telepon genggam atau kamera biasa, karena ukuranya tidak fortable untuk digunakan. Maka munculah kamera gopro dengan ukuran yang kecil, ringan dan dilengkapi aksesoris-aksesoris, sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dirinya sendiri atau objek lain walau pun dia sedang melakukan aksi bahkan di dalam air.  

Pada kesempatan ini saya ingin menuliskan tentang salah satu produk kamera gopro, yaitu Action gopro camera sport XDV.  Kebetulan saya baru mebelinya beberapa waktu yang lalu.  Saya membeli di qoo10, karena harganya murah jika dibandingkan dengan kamera gopro merek lainnya dan memiliki review yang positif dari para pembeli yang sudah menggunakannya, jadi saya pun tertarik untuk membelinya.

Karena membeli dengan cara online saya perlu 1 minggu untuk mendapatkan barangnya yang berasal dari China yah karena memang prduknya made in China.  Menurut saya relatif cepat juga dengan free ongkir menggunakan qexpress sampai di Singapura dalam waktu 7 hari.  Saya hanya membeli kamera nya saja tanpa dengan aksesoris.  Dalam satu paket pembelian grpro action camera XDV ternyata sudah termasuk 1 unit kamera yang memiliki ukuran LCD hanya 2 inch saja, cashing anti air, 2unit  batre yang bisa di recharge berikut 1 unit chargernya, kabel USB, Charger yang bisa digunakan di dalam mobil, serta beberapa unit alat modifikasi untuk menggayakan kamera saat digunakan di saat kondisi tertentu.


Action Gopro Camera sports XDV dilengkapi dengan cashing anti air
Action Gopro Camera sports XDV dengan cashing


Box kamera gopro action camera sport XDV
Tampilan box action camera gopro Sport XDV



Isi dalam satu box pembelian action camera gopro sport XDV
1 Paket pembelian action camera gopro sport XDV
Ternyata isinya penuh banget yah dan kamera nya sendiri memang sangat kecil dan ringan sehingga lebih handy, lebih mudah untuk dibawa dan dikondisikan saat seseorang ingin membuat videonya walaupun sedang melakukan aksi spektakulernya.

Untuk kamera dengan harga di bawah 1 juta, kualitas action camera XDV bisa dibilang bagus.  Apa lagi dilengkapi dengan wifi yang bisa dihubungkan dengan aplikasi hand phone kita, setelah kita download aplikasinya di handphone kita tentunya.  Saya membeli kamera ini dengan harga $S 68.80 , saat itu kurs Rupiah sekitar 9300an, jadi sekitar 600 ribuan kali yah.  

Untuk kameranya sendiri memerlukan micro SD card untuk penyimpanan gambar, bisa menampung batas maksimum 64 GB, Baiklah untuk lebih jelasnya saya akan tuliskan secara rinci tentang spesifikasi camera ini

Spesifikasi Action Gopro Camera Sports XDV

Wifi Control : ya
Video Output : 4K/2K, 1920*1080 60fps 1280*720 60fps
Video format :MV4
Video recording Mode : Looping recording
Effective pixels : 16M/12M/8M/5M/2M
Image Format : JPEG
Burst :3 photos per second
Playback : Support
Shooting Mode : Single shoot/Self-timer/Continuous Shooting
Time Lapse : 2sec, 3sec, 5sec, 10sec, 20sec, 30sec, 60sec
Data Stamp : Auto
White Balance : Auto
EV Compensation : -2.0  +2.0
Shutter Control : Electronic
PC Camera : Support
Rotate 180^ :Support
Operation System : Windows xp/Vista or Above/Win 7/Mac OS
OSD language : English/French/German/Spanish/Italian/Portuguese/Simplied Chinese/Japanese/Traditional Chinese/Russian/Korean/Polish/Swedish
Waterproof Method : Need waterproof Case
Waterproof Shell : Need
Waterproof Depth : 30 M
Viewing Angle : 170^
Focus : 12 cm - infinite
Audio Input : Microphone
Audio Output : Speaker
HDMI Output : HDMI
USB interface : USB2.0, 5 Pin USB
Storage : Micro SD(Up to 64GB)
LCD : 2.0"LTPS LCD
Battery : 3.7v900Ah li-on rechargeable battery
Dimension : 29.8*59.2*41 MM

Itulah spesifikasi dari gopro action camera XDV.  Diliahat dari speknya, kamera ini hanya bisa digunakan dikedalaman air maksimum 30 meter saja.  Jadi yang suka diving bisa mengabadikan gambar atau videonya dengan menggunakan kamera ini.  Jika kita membeli aksesorisnya, kita bisa tempatkan kameranya ditempat yang kita inginkan, mungkin di kepala atau di dada, sehingga saat anda diving, anda tidak usah repot pegang kamera untuk capture di bawah laut.  Santai saja menikmati indahnya laut.  Atau bagi anda yang suka olahraga ekstrim seperti terjun payung, ski atau bersepeda aksi, anda tinggal merekatkan kamera di tempat di mana anda bisa memperhitungkan bagian yang anda ingin ambil. 

Cara Menghubungkan Wifi Kamera XDV dengan Hand Phone

Untuk menghubungkan wifi dengan ponsel kita, cukup mudah melakukannya.  Di bagian samping box ada barcode yang bisa kita scan dengan menggunakan ponsel kita.  Ada dua jenis barcode, yang pertama untuk ponsel android dan yang ke-2 IOS.  Atau kita bisa serach langsung di app store untuk Ios atau di google play untuk android. Karena Hand phone saya pake IOS jadi yang saya tunjukan adalah tampilan di IOS.  Langkah penginstalan dan pengaktifan di android juga sama, hanya tampilan saja sedikit berbeda.  Misalnya kalau IOS cari di Appstore sedangkan android di google play.

Langkah pertama adalah buka appstore dan di search box tuliskan XDV , sehingga akan muncul gambar seperti ini:



Tampilan  Applikasi Action Gopro Camera sports XDV di hand phone
Tampilan App XDV

Langsung saja klik get atau instal, karena saya sudah pernah instal sebelumnya sehingga tampilan get atau instal seperti gambar awan.  Jika sudah terinstal, hidupkan kamera gopro nya kemudian tekan tombol yang ada tanda wifi di bagian samping kamera.


Tombol WiFi Kamera gopro sports XDV
Tombol WiFi Kamera gopro sports XDV

Setelah itu akan muncul di layar kamera tentang informasi wifi. Nanti akan diberitahukan nama wifi nya apa dan password nya apa. Kemudian kita beralih ke hand phone kita, buka setting dan aktifkan wifi.  Maka akan muncul nama wifi dari kamera gopro kita.

Tampilan WiFi  Applikasi Action Gopro Camera sports XDV di hand phone
Tampilan wifi kamera gopro XDV di HP

Wifi kamera gopro sport XDV sudah terlihat yakni yang saya beri bulatan merah Sports DV_0b4e, anda klik saja.  Setelah itu akan minta isian untuk memasukan password, maka masukan saja password nya yang telah kita peroleh dari informasi wifi di Kamera gopronya.  Jika sudah memasukan password dengan benar otomatis wifi dari kamera gopro yang akan aktif di hp kita seperti ini

Tampilan WiFi  Applikasi Action Gopro Camera sports XDV di hand phone
Wifi dari Kamera sport xdv sudah aktif di HP

Kemudian kita langsung saja buka app XDV yang sudah kita instal tadi di HP

Tamapilan Applikasi Action Gopro Camera sports XDV di hand phone
App kamera Gopro XDV

Jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini 
Tamapilan Applikasi Action Gopro Camera sports XDV di hand phone
App XDV yang sudah terhubung antara hp dengan kamera

Silahkan diotak-atik sendiri dengan menu-menu yang ada.  Jika anda menekan tanda video maka anda akan merekam video, tanda camera photo untuk ambil gambar dan tanda orang berlari untuk gerakan slow motion.  Anda bisa menghapus memory dalam Micro Sd Card di kamera melalui hp dengan cara klik media, kemudian pilih device , semua file yang ada di memory card akan terbuka dan bisa di delete atau di down load dan di simpan di HP kita.  Setelah itu bisa langsung di share di medsos.  Tapi saya lebih suka mengambil Micro SD card nya lalu saya masukan ke laptop, kemudian diedit dulu hasil videonya baru di share ke medsos.

Karena menurut review hasil capture nya bagus, jadi 2 hari setelah barang diterima saya langsung ajak anak saya berenang di kolam renang.  Jadi saya ingin mencoba merekam video di bawah air yang selama ini belum pernah dilakukan.  Saya juga mencoba aplikasi slow motion.  Setelah rekam, saya edit dan potong beberapa gambar yang kurang bagus juga untuk menghemat durasi supaya video tidak terlalu panjang tapi terlihat lebih menarik.  Pengeditan hanya dilakukan di youtube editor, tidak menggunakan software video editor apa pun. Berikut hasil rekaman video yang saya ambil menggunakan Action Kamera Gopro Sports XDV 4K.




Hasil video nya bagus kan, terang banget.  Semoga tulisannya bisa membantu dan selamat berkarya....






No comments:

Post a Comment